Kamis, 24 Juni 2010

Menghargai Hidup dan Manajemen Waktu

Penulis : Andrew Ho


Time is free, but priceless - Waktu itu gratis, tapi sangat berharga. (Harvey Mackay)

Pada bulan Maret 2009 lalu, saya diundang MANEX sebagai pembicara dalam sebuah seminar motivasi untuk mahasiswa dengan tema manajemen waktu. Satu jam pertama saya habiskan untuk menjelaskan panjang lebar tentang begitu berharganya waktu. Dalam forum tersebut untuk kesekian kalinya saya kembali menyatakan bahwa waktu tak ubahnya nyawa kita sendiri.

Walaupun waktu dapat kita miliki gratis, tetapi kita tidak dapat membelinya jika kontrak waktu kita habis. Sehingga, belajar untuk tidak boros menggunakan waktu dengan manajemen waktu sebaik mungkin merupakan langkah terbaik menghargai hidup kita. Inilah beberapa tips mengatur waktu:

Pertama, milikilah visi dan misi yang jelas, sebab langkah ini akan sangat membantu Anda menentukan prioritas. Dengan begitu Anda dapat mengerti hal-hal terpenting yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Bila hal-hal terpenting dapat terselesaikan dengan cepat, maka Anda akan memiliki cukup waktu untuk mengerjakan hal lainnya.

Kedua
, buatlah daftar target jangka panjang (3-5 tahun) dan target jangka pendek (1-2 tahun). Seluruh target tersebut harus secara seimbang memenuhi 8 aspek penting dalam kehidupan ini yaitu keluarga, kesehatan, keuangan, karir, sosial, rekreasi, spiritual, dan pengembangan diri. Sebab bagi saya, kesuksesan di satu bidang tidak akan menutupi kegagalan di bidang lain; contoh kesuksesan karir dan ekonomi tak dapat mengganti kegagalan dalam pernikahan, begitu pula sebaliknya.


Selain itu, bagilah pekerjaan Anda ke dalam beberapa porsi kecil. Kemudian, lakukan satu hal dalam satu waktu. Fokus pada satu hal pada satu waktu seringkali lebih produktif, karena lebih cepat selesai.

Kunci untuk memastikan apakah kita cukup efektif memanajemen waktu adalah dengan menjadwalkan alokasi waktu atas target yang ingin dicapai. Tentukanlah batas waktu. Jika perlu gunakan pengingat waktu agar Anda tak perlu membuang waktu lebih banyak dari yang sudah Anda rencanakan.

Mempersiapkan segala sesuatu sebelum bekerja atau proyek merupakan salah satu langkah efektif penghematan waktu. Oleh sebab itu, setiap hari rencanakan dan tulislah aktivitas untuk hari ini dan esok hari, serta mempersiapkan segala hal yang diperlukan. Dengan langkah ini Anda dapat menjaga momentum terus berjalan cepat.

Penundaan merupakan musuh terburuk dalam manajemen waktu. Kebiasaan menunda hanya akan membuat pekerjaan menumpuk dan semakin membebani Anda. Contoh kalau minggu ini Anda telah menetapkan 7 target pekerjaan, maka pastikan semua target tersebut terselesaikan minggu ini juga. Sebab bila Anda menunda, maka penundaan itu akan membebani pekerjaan Anda pada minggu selanjutnya.

Betapapun sibuk aktivitas Anda, luangkanlah saat untuk beristirahat sejenak. Waktu istirahat ini merupakan saat bagi Anda untuk menyegarkan pikiran, memulihkan stamina, dan meningkatkan energi. Setelah itu Anda akan merasa segar dan fokus untuk kembali bekerja lebih cepat dan lebih baik.


Memanajemen waktu dengan baik akan memberi segudang manfaat dalam hidup Anda.

Beberapa keuntungan yang dapat Anda peroleh di antaranya adalah:
•Anda akan memiliki kemampuan yang lebih baik dalam menentukan prioritas, dapat merencanakan aktifitas harian, mingguan, dan bulanan dengan lebih efektif dan efisien. Contoh bila dalam minggu ini Anda harus menyelesaikan 3 proyek, maka Anda akan dengan mudah menentukan proyek mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu dan menyelesaikannya tepat waktu.

•Tidak semua pekerjaan itu menyenangkan. Tetapi jika Anda memiliki kemampuan memanajemen waktu, maka Anda akan mampu menyelesaikan banyak hal yang sebelumnya Anda anggap sulit atau tidak menyenangkan. Sehingga tanggung jawab pekerjaan Anda tidak akan sampai bertumpuk.

•Kemampuan memanajemen waktu secara efektif membentuk Anda bersikap lebih bertanggung jawab; menyelesaikan pekerjaan sesuai jadwal dan mencapai target.

•Pandai dalam mendelegasikan pekerjaan, memiliki cukup waktu untuk menjadikan kehidupan lebih seimbang, mampu melihat solusi dalam sebuah masalah, dan melihat sisi positif dari kejadian negatif, dan masih banyak lagi keuntungan lain dari manajemen waktu.

Semua orang memiliki waktu yang sama, tak lebih dari 24 jam dalam sehari. Tetapi ketika Anda mampu memanajemen waktu dengan baik, berarti Anda sudah mampu menghargai waktu. Sebab bagaimanapun juga, kemampuan Anda memanajemen waktu dapat mengubah segala aspek dalam hidup Anda menjadi jauh lebih baik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar