Minggu, 15 September 2013

MEMBUAT TEMPE DARI BIJI LAMTORO

Mungkin masih terdengar asing dan aneh kalau biji Lamtoro dapat dibuat tempe. Membuat tempe dari biji Lamtoro tidak jauh berbeda  dengan membuat tempe dari biji kedelai hanya ada beberapa saja yang mungkin berbeda. Protein dari biji Lamtoro juga tidak kalah jauh loh dengan biji kedelai. Berikut kandungan zat gizi yang terkandung pada Lamtoro, kedelai, dan kecipir.
Komponen
Lamtoro
Kedelai
Kecipir
Air
16,0
12,0
10,0
Protein
40,0
40,4
34,4
Lemak
5,0
16,7
16,9
Karbohidrat
34,2
24,9
34,1
Dari informasi diatas, biji Lamtoro lebih sedikit lemaknya dari pada biji kedelai. jadi, anda tidak perlu takut terkena Kolesterol.
Nah langsung saja dan tanpa basa-basi lagi. Berikut cara-caranya:

PERALATAN             :
1.     Tempayang (Tampa)
2.     Panci
3.     Dandang
4.     Kompor
5.     Karung
BAHAN-BAHAN       :
a.     Lamtoro
b.     Bekatul
c.      Ragi
CARA MENBUAT     :
1.    Jemur biji Lamtoro yang sudah dikupas dari polongnya. Penjemuran dialasi dengan tampa, jangan langsung pada lantai. Karena akan menjadi kotor dan sulit untuk mengambilnya. Jemur sampai benar2 kering.
2.     Tampi (tampeni) biji yang sudah dijemur tadi agar terpisah dari kotoran & batu2 kecil. Jangan ditampi terlalu keras karena bijinya sangat ringan & mudah dibawa angin.
3.     Jika sudah selesai pada tahap 2, siapkan air untuk merendam biji Lamtoro. Perendaman berlangsung selama 12 jam (semalam). Sebaiknya direndam dalam  air yang mengalir agar lendirnya ikut terbawa arus.
4.     Kukus biji Lamtoro yang sudah direndam tadi agar menjadi lunak dan mudah dikupas.
5.     Jika sudah selesai mengukus kupas kulitnya. Agar pengupasan lebih cepat, masukkan biji yang sudah dikukus tadi ke dalam karung, lalu injak perlahan agar bijinya tidak hancur (kalau mau mengupas satu per satu nggeh monggo J)
6.     Biji yang sudah dikupas tadi kemudian dicuci lalu direndam lagi selama 12 jam untuk menghilangkan lendirnya (nek gak ono lendire yo bejone).
7.     Setelah direndam siapkan bekatul dan campurkan dengan biji Lamtoro. Tidak banyak kok yang kita butuhkan Cuma dengan perbandingan 10:1. Jadi, jika kita menggunakan Lamtoro 1 kg maka dibutuhkan bekatul 1 hg (ons). Fungsi bekatul disini berguna untuk mempercepat perkembangan jamur tempe pada saat pemeraman.
8.     Kukus biji Lamtoro yang telah dicampur dengan bekatul selama 1 jam. Setelah 1 jam angkat dan dinginkan biji pada tampa yang bersih.
9.     Setelah didinginkan kemudian dicampur dengan ragi (peragian) ragi yang dibutuhkan cuma sedikit yaitu 0.1%. jadi jika kita menggunakan Lamtoro 1 kg maka dibutuhkan ragi 1 gram.
10.   Kemudian saatnya pemeraman. Pemeraman boleh dibungkus plastic, dicetak balok atau yang lainnya. Waktu pemeraman cukup semalam.


Selamat Mencoba!

3 komentar:

  1. Berangkat Bersama Menuju Kesuksesan yang bisa diraih dengan iman yang kuat Kisah Sukses Izin Mampir ya gan

    BalasHapus
  2. TAHUKAH ANDA?
    ★ Kayu akan semakin habis dan semakin susah di dapat dimasa yang akan datang
    ★ Kayu Untuk bangunan akan semakin rendah mutunya dan gampang diserang rayap
    ★ Hutan Indonesia sudah menyusut dan menimbulkan pemanasan global
    ★ Peluang bisnis ini masih sangat bagus

    Kami dari CV. Hugo Baja Tehnik, merupakan Produsen Mesin Rollforming. Ingin memperkenalkan dan menawarkan produk-produk kami. Kami memberikan kualitas dan harga terbaik untuk Bapak/Ibu.
    Adapun mesin rollforming yang Kami produksi adalah sebagai berikut:
    1. Mesin Baja Ringan/Truss
    2. Mesin Hollow Lipat
    3. Mesin Spandek
    4. Mesin Genteng Metal
    5. Mesin bondek / floordeck
    Kami melayani pembuatan mesin rollforming berdasarkan pesanan sesuai dengan spesifikasi output yang ingin dihasilkan. Ketebalan yang dihasilkan bervariatif sesuai dengan kebutuhan. Komponen pada mesin yang kami gunakan memiliki kualitas yang terjamin. Kami memberikan garansi pada setiap mesin yang kami produksi.

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
    YUSUF
    TLP / SMS / WA : 082111211687
    PIN BB: 7483451B
    EMAIL : cv.hugobajatehnik@gmail.com
    http://mesinbajaringanterjangkau.blogspot.com/

    BalasHapus