Sabtu, 20 Juli 2013

Bisnis Modal Kecil: Aneka JUS yang Joss

Jika ingin USAHA modal kecil tetapi bisa meraup keuntungan yang cukup besar, bisnis ini bisa menjadi jawaban kita. Hal ini dikarenakan untuk membuat jus sangat murah sekali tetapi menjualnya bisa sampai 150% sampai 300% dari harga buah yang dibuat jus. Dan alat yang dibutuhkan juga cuma alat pembuat jus,beberapa meja kursi,gelas dan piring serta gerobak yang harganya tidak tidak terlalu mahal.


Bisnis ini akan lebih laku kalau menjualnya dipagi hari sampai sore karena cuaca saat tersebut sedang panas-panasnya. Sedangkan pada saat itu biasanya orang-orang bekerja di kantor. Solusinya adalah menggunakan pegawai minimal 2 orang.

Konsumen
Semua orang dari semua golongan dan umur.

Bagaimana memulainya
Meski bisnis ini tergolong murah dan mudah, tetapi kita tidak boleh main-main dalam memilih tempat. Usahakan tempat ini luas dan berada di sekitar taman. Jika terpaksa di ruangan yang agak tertutup. Apabila kita mempunyai pekarangan yang cukup luas, itu sudah sangat tepat sekali untuk memulai bisnis ini. Yang kita perlu lakukan sesudah itu adalah membeli peralatan pembuat jus dan gelas-gelasnya, juga meja dan kursi. Sebaiknya setiap meja bisa digunakan dari dua sampai enam orang, dan meja yang kita sediakan minimal enam. Apabila lokasi yang kita gunakan dipinggir jalan atau didepan supermarket kita bisa menggunakan gerobak dan beberapa kursi saja. Selain perlengkapan diatas kita masih harus memasang papan nama dan berpromosi agar tempat kita dikenal.

Promosi cukup pada beberapa saat sebelum sampai sesudah pembukaan saja, sesudah itu kita manfaatkan promosi dari mulut ke mulut para konsumen. Hal ini bisa kita dapat jika konsumen kita puas. Hambatan Karena tempat yang kita gunakan adalah ruang terbuka dan yang kita jual minuman jus segar , jika hujan penjualan kita merosot tajam. Kunci Sukses Jus yang kita jual sebaiknya beraneka macam. Selain itu buah-buahan yang kita gunakan sebagai bahan baku juga berkualitas. Bisnis ini tidak boleh menggunakan sembarang bahan baku. Gula pun juga harus asli. Sebagai tambahan kita bisa menjual juga makanan-makanan ringan, seperti roti, lumpia, jajan pasar dan lain-lain. Juga agar suasana ditempat usaha ini tidak terlalu sepi, kita bisa memutarkan lagu-lagu yang sedang hits agar pelanggan betah dan ingin mampir lagi.

SILAHKAN MELAKUKAN INOVASI PRODUK, MEMBUAT TAG LINE PRODUK YANG UNIK, SISTEM MARKETING DSB. INI HANYA IDE AWAL SAJA. SEORANG ENTREPRENEUR SEJATI SELALU PUNYA IDE CERDAS SETELAH DIPANCING SATU IDE KECIL…..

Analisa BEP
Investasi Awal
Peralatan membuat jus, piring, gelas dll Rp. 1.500.000,- Promosi Rp. 500.000,-
Kursi dan meja atau gerobak (untuk yang mangkal dipinggir jalan Rp. 5.000.000,- + Depan supermarket)
Total Rp. 7.000.000,-
=================

Biaya operasional
Gaji pegawai 2 orang Rp. 1.200.000,-
Sewa tempat Rp. 400.000,-
Bahan baku dan makanan Rp. 8.400.000,- +
Total Rp. 10.000.000,-
=====================

Omset per bulan Rp. 15.000.000,-
Laba per bulan Rp. 5.000.000,-
Analisa BEP 1 – 2 bulan



Credit: KampungWirausaha.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar