Kepuasan pelanggan menjadi poin penting untuk
menjaga kelangsungan usaha. Karenanya banyak pelaku usaha yang
melakukan penilaian terhadap kepuasaan konsumennya.
Bagi sebagian besar pelaku usaha, kepuasan pelanggan menjadi poin penting yang harus diperhatikan untuk menjaga kelangsungan bisnisnya. Karenanya tidak heran bila sampai saat ini banyak pelaku usaha yang aktif melakukan penilaian terhadap tingkat kepuasaan konsumennya. Strategi tersebut penting, sebab para pelaku usaha bisa mengevaluasi dimana posisi bisnisnya berada dan bisa juga membandingkan kualitas produknya dengan produk milik pesaing.
Bagi sebagian besar pelaku usaha, kepuasan pelanggan menjadi poin penting yang harus diperhatikan untuk menjaga kelangsungan bisnisnya. Karenanya tidak heran bila sampai saat ini banyak pelaku usaha yang aktif melakukan penilaian terhadap tingkat kepuasaan konsumennya. Strategi tersebut penting, sebab para pelaku usaha bisa mengevaluasi dimana posisi bisnisnya berada dan bisa juga membandingkan kualitas produknya dengan produk milik pesaing.
Apabila kita tidak melakukan evaluasi pasar, maka tidak menutup kemungkinan bila bisnis kita bisa kalah bersaing dengan pelaku bisnis lainnya. Oleh sebab itu untuk mempertahankan loyalitas pelanggan, kita harus mengetahui seberapa besar kepuasan yang mereka dapatkan ketika menggunakan produk atau jasa yang kita jual.
Nah, untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan pelanggan. Berikut ini kami informasikan kepada para pembaca mengenai empat cara mudah menilai tingkat kepuasan pelanggan yang bisa Anda jalankan untuk mendukung perkembangan bisnis Anda.
- Gunakan sistem keluhan dan saran
Dari sinilah kita dapat mengetahui seberapa baik atau buruk pelayanan yang kita berikan kepada para konsumen. Informasi tersebut bisa dijadikan sebagai sumber inspirasi sehingga kita dapat segera mengevaluasi beberapa pelayanan yang masih kurang, dan meningkatkan beberapa keunggulan yang digemari para pelanggan.
- Survey kepuasan pelanggan
- directly reported by satisfaction adalah pengukuran langsung yang dilakukan oleh sebuah perusahaan kepada pelanggannya. Contohnya saja seperti pertanyaan seorang SPG atau sales promotion girl di sebuah supermarket yang menanyakan “seberapa puas anda terhadap produk kami?” dan Anda akan mendapatkan beberapa pilihan jawaban yang meliputi sangat tidak puas, tidak puas, netral, puas, dan sangat puas.
- Derived Dissatisfaction. Survey ini mengutamakan 2 hal pertanyaan, yaitu seberapa besar harapan pelanggan terhadap produk yang kita miliki dan seberapa besar kualitas pelayanan maupun kelebihan produk kita di mata para pelanggan.
- Problem Analisys. Dalam survey ini pelanggan selaku responden diharapkan bisa mengungkapkan dua hal pokok yaitu mengenai permasalahan yang mereka hadapi terkait dengan produk Anda dan kedua menanyakan saran dari konsumen yang ditujukan untuk memperbaiki kinerja bisnis kita.
- Ghost Shopping
- Last Analisys Customer
Setelah memahami keempat cara mudah untuk mengetahui kepuasan pelanggan, kini giliran Anda untuk mempraktekannya langsung di pasaran guna memberikan kualitas terbaik bagi para konsumen Anda. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!
Credit: BisnisUKM.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar