Selain berpromosi menggunakan konten artikel,
pelaku bisnis online juga bisa memanfaatkan gambar sebagai media
pemasaran, salah satunya menggunakan instagram.
Selain berpromosi menggunakan konten artikel, para pelaku bisnis
online juga bisa memanfaatkan gambar sebagai media pemasaran. Kemajuan
teknologi digital yang semakin hari kian berkembang pesat, memudahkan
para pelaku bisnis online
untuk memproduksi foto berkualitas tinggi untuk mempromosikan
produk-produknya. Salah satunya saja mengoptimalkan peran Instagram yang
belakangan ini cukup digemari banyak orang, termasuk juga para pelaku
bisnis online.
Gambar produk dapat diedit sedemikian rupa menggunakan
Instagram,
sehingga wajar adanya bila sekarang ini foto produk di dunia maya
seperti foto hasil jepretan fotografer profesional. Dan tidak menutup
kemungkinan jika foto produk yang ciamik ini kemudian memberikan dampak
yang cukup positif pada angka penjualan produk toko online.
Penasaran ingin mengetahui bagaimana kehebatan Instagram mempercantik
penampilan foto produk Anda? Berikut ini ada 4 cara yang dapat
dilakukan para pelaku bisnis toko online untuk menggaet calon pembeli melalui aplikasi Instagram.
Instagram memudahkan para pelaku bisnis toko online untuk
menghasilkan foto yang bagus hanya dalam hitungan menit. Keunggulan ini
harus Anda manfaatkan sebaik-baiknya untuk mempublikasikan produk
unggulan yang dipasarkan melalui foto ciamik yang memancing
buyer untuk
membeli. Dengan kata lain, foto produk yang dipamerkan harus menarik
dan kreatif, sebab foto yang berkualitas baik akan mengundang calon
pembeli untuk mengunjungi akun Instagram
para pelaku usaha secara berkala.
- Jangan lupa gunakan hashtag
Penggunaan
hashtag kini tidak hanya sebatas pada media sosial
Twitter dan
Pinterest. Pada Instagram pun Anda bisa mencantumkan
hashtag untuk memudahkan calon pembeli mencari foto produk yang mereka inginkan
. Dalam hal ini para pelaku bisnis online perlu memasukkan
hashtag pada
caption dari setiap foto yang diunggahnya. Kata kunci yang Anda tuliskan menggunakan
hashtag akan memudahkan
buyer dalam mencari produk melalui
search result.
- Tak ada salahnya follow akun milik pelanggan Anda.
Lakukan riset pasar melalui
e-mail atau media sosial Facebook
untuk mendapatkan data seberapa banyak pelanggan Anda yang memiliki akun
Instagram. Setelah itu, para pelaku usaha di dunia maya bisa mem-
follow akun Instagram pelanggan yang mereka miliki
. Strategi ini merupakan salah satu cara memberi tahu
buyer bahwa Anda juga aktif di media sosial Instagram sehingga mendorong mereka untuk melakukan
follow back terhadap akun Anda
.
- Share pula di sosial media lainnya
Foto yang telah diedit melalui Instagram perlu Anda sebarluaskan ke sosial media
lainnya seperti Facebook, Twitter, Pinterest, dan Google+ untuk
menginformasikan keberadaan produk Anda kepada masyarakat luas yang
menggunakan media social tersebut. Langkah ini perlu dilakukan agar
semakin banyak orang yang melihat foto produk Anda dan
itu artinya semakin luas pula jangkauan pasar bisnis online yang Anda jalankan
.
Cukup mudah bukan? Semoga informasi singkat yang mengangkat
tips sukses menggaet konsumen melalui instagram ini
bisa memberikan tambahan wawasan bagi para pembaca dan menginspirasi
para pemula di dunia maya untuk bisa mempromosikan produk-produknya
secara optimal. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!
Credit: BisnisUKM.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar