Sebagai seorang entrepreneur, tentunya Anda harus mulai belajar multitasking
agar mampu menyelesaikan segala urusan bisnis dengan baik. Sebab,
banyak tenaga, pikiran, dan waktu yang tersita saat Anda memulai sebuah
usaha. Baik itu bisnis online maupun bisnis offline, semuanya membutuhkan perhatian yang cukup besar untuk bisa mencapai puncak kesuksesan.
Karenanya saat ini para pelaku usaha dituntut untuk bisa multitasking agar tak kalah bersaing dengan para kompetitor yang mulai bermunculan di sekelilingya. Meskipun sebenarnya multitasking tidak pernah terjadi di otak manusia. Namun seseorang bisa melakukan time-sharing dalam otaknya sehingga mampu melakukan pekerjaan yang berbeda-beda dalam satu waktu atau yang lebih dikenal dengan istilah multitasking.
Nah, untuk membantu para pemula yang sedang ingin membangun usaha,
ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar otak Anda bisa semakin cepat
melakukan pergantian fokus sehingga pekerjaan Anda yang cukup banyak
bisa terselesaikan dengan cepat dan dalam waktu yang relatif singkat.
1. Sebaiknya kerjakan beberapa kegiatan yang masih berhubungan.
Secara ilmiah, ketika otak seorang manusia dipaksa untuk pindah
memikirkan pekerjaan yang lain, otak harus beradaptasi kembali. Adaptasi
ini sebenarnya memerlukan waktu yang singkat, amun dalam prosesnya otak
manusia harus memanggil kembali memori, fokus, dan produktivitas
sebelumnya. Jika pekerjaan yang selanjutnya tidak hampir sama dengan
pekerjaan sebelumnya, maka proses tersebut akan memakan waktu yang lebih
lama.
2. Buatlah urutan skala prioritas.
Anda bisa mulai menuliskan semua pekerjaan yang harus dilakukan pada sebuah buku agenda. Berikan tanda bold atau
berikan warna yang berbeda pada pekerjaan yang memiliki skala prioritas
cukup tinggi. Jika Anda punya kekuasaan lebih untuk memimpin di sektor
pekerjaan Anda, sebaiknya bawa juga karyawan-karyawan Anda ke dalam
budaya tersebut. Sebab, yang menentukan alur kerja seseorang adalah
lingkungan tempat Ia bekerja.
3. Beri sedikit waktu bagi otak Anda untuk menerima informasi baru.
Tidak semua orang bisa langsung mencerna beberapa informasi dalam waktu
bersamaan. Untuk itu berikan sedikit waktu bagi otak Anda untuk menerima
informasi baru dari atasan Anda, kemudian kembali mengerjakan tugas
pokok Anda yang belum terselesaikan sebelum akhirnya berpindah
memberikan follow up pada informasi yang baru saja Anda terima.
Dengan begitu, fokus Anda tidak terpecah dan bisa menyelesaikan beberapa
pekerjaan dalam waktu yang hampir bersamaan.
Setelah membaca beberapa tips bisnis yang mengangkat kiat sukses melatih diri agar bisa multitasking,
kini giliran Anda untuk mengaplikasikannya langsung di dunia usaha
untuk bisa mencapai puncak kesuksesan yang telah Anda impikan. Maju
terus UKM Indonesia dan salam sukses!
Credit: BisnisUKM.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar