Sabtu, 10 April 2010

Kunci Sukses Membangun Toko Online


Tahun 2010 ke depan ini, saya yakin pemanfaatan media internet di Indonesia untuk pemasaran produk akan semakin meningkat. Selain karena jumlah mereka yang ‘melek’ internet meningkat, juga karena banyaknya media dan wadah pembelajaran online marketing. Ebook-ebook tentang bisnis internet semakin banyak. Kursus-kursus pemasaran internet bermunculan. Belum lagi liputan media massa terhadap pelaku bisnis berbasis online.

Usaha toko online adalah salah satu peluang usaha yang bisa Anda coba. Toko online yang saya maksud adalah website yang digunakan oleh pelaku bisnis untuk memasarkan produknya. Produk bisa berupa barang atau jasa. Tapi di tulisan ini, saya ingin lebih fokus pada produk barang.

Bagaimana agar sukses di usaha toko online ?

Berapa banyak toko online di Indonesia yang pernah Anda lihat ? Berapa diantara mereka yang sukses ? Tidak semua sukses bukan ?

Kunci Sukses Membangun Toko Online

1. Membangun Tim
Ingin seberapa besarkah toko online Anda, bangunlah tim yang sesuai. Jika bermodal kuat, rekrutlah orang-orang yang berkompeten. Jika sudah menikah, Anda bisa menjadikan istri/suami sebagai tim Anda. Orang-orang dekat Anda (saudara) juga bisa menjadi tim Anda. Memberikan pekerjaan kepada orang dekat bisa menjadi kekuatan tersendiri yang membuat Anda sukses. Jika tidak memungkinkan membangun tim, mulailah seorang diri. Anda bisa merangkak dari bawah hingga Anda mampu dan siap merekrut tim yang tangguh di kemudian hari. Tanpa tim yang solid, usaha kita tidak akan berkembang dan bertahan lama.

2. Membuat Website yang Menjual
Website adalah pilar utama promosi toko online. Anda harus punya website sendiri. Bukan web gratisan. Sebaiknya yang berakhiran .com atau .net, karena dua domain ini sudah populer di masyarakat. Biaya tahunan domain hosting saat ini sagat murah, ada yang hanya Rp 200.000. Jadi, lebih terlihat profesional jika Anda memiliki website yang profesional juga (bukan gratisan).

Website Anda harus bisa ‘menjual’. Artinya website Anda tersebut harus bisa mewakili Anda untuk menjadi sales yang memikat bagi pembeli. Website Anda harus bisa meyakinkan pengunjung bahwa Anda layak diajak bertransaksi. Cantumkan alamat jelas dan no telp yang mudah dihubungi. Cantumkan foto-foto produk dan foto-foto lain yang membuat pengunjung semakin percaya dengan Anda.

Website Anda juga harus terindek di search engine, dan mudah ditemukan untuk keyword yang berhubungan dengan produk Anda. Gunakan script toko online yang search engine-nya friendly.Tidak semua script toko online, ramah dengan search engine. Karena itu, saya lebih suka menggunakan blog untuk jualan online daripada script yang tidak ramah dengan mesin pencari. Dan saya rasa, blog juga cocok bagi pemula. Apalagi untuk produk-produk yang harganya mahal dan tidak bisa order online secara langsung. Blog juga bisa menjadi web pendukung bagi toko online Anda.

3. Promosi Tepat
Siapa calon konsumen Anda ? Dimanakah Anda akan menemukan mereka ? Cara cepat dan tepat menemukan konsumen adalah dari search engine (google, yahoo, dll). Disinilah pentingnya SEO (search engine optimization). Promosi yang lain adalah di iklan baris, iklan di web yang banyak pengunjungnya, PPC ataupun komunitas online lainnya. Tentu saja, harus kembali lagi “Siapa Calon Konsumen Anda ?”

Link untuk menambahkan url blog/website ke search engine Google, Yahoo dan MSN:

Google
Yahoo Search!
MSN Search

4. Pelayanan
Lakukan pelayanan yang baik. Kecepatan pelayanan salah satu kunci utama. Bermitralah dengan jasa pengiriman barang terpercaya. Garansi produk juga penting. Jika usaha Anda bertambah besar, bentuklah tim yang tangguh.

5. Mental Wirausahawan Sukses
Usaha toko online adalah sama dengan usaha lainnya. Miliki mental wirausahaan yang sukses, antara lain :
- Pantang menyerah. Di bisnis apapun, kendala pasti ada.
- Sabar. Produk Anda mungkin laku di hari pertama, mungkin juga di tahun pertama.
- Berani menghadapi resiko. Resiko pasti ada. Tinggal bagaimana kita menghadapinya.
- Selalu mencari peluang. Boleh jadi bisnis pertama Anda gagal. Tapi itu bukan akhir segalanya, kan ? Peluang usaha toko online masih banyak. Silahkan cari peluang yang sesuai dengan Anda.

6. Belajar Seperlunya
Peran seperti apa yang Anda inginkan di toko online Anda, itulah yang harus Anda pelajari. Anda tidak harus mempelajari semuanya. Misalnya, Anda ingin memasarkan produk. Yang perlu Anda pelajari adalah internet marketing dan dasar-dasar membuat web/blog (tidak harus ahli html). Bidang-bidang lain, bisa Anda serahkan ke tim Anda (produksi barang, pengiriman, promosi offline, dll).



Credit: Link

Tidak ada komentar:

Posting Komentar