Kamis, 02 Mei 2013

Bagaimana MembangunToko Online yang Benar-Benar Menjual

Oleh: Fico - UKMSukses.com

Trend Belanja Online yang mulai merebak di Indonesia membuat banyak pelaku usaha mulai berlomba-lomba membuat website/toko online. Para UKM, pemilik bisnis dan pengusaha memahami benar bahwa ada potensi penghasilan bagi bisnisnya dengan memanfaatkan media internet. Perkembangan teknologi dan peningkatan awareness masyarakat Indonesia tentang internet,  membuat penerapan e-commerce tidak dapat dipandang sebelah mata, melainkan suatu keharusan. Tanpa membuat Bisnis kita Go Online, maka kita telah kehilangan potens ipenghasilan yang signifikan.

Hanya saja.. Bisnis Go Online banyak dipahami secara sempit oleh pelaku bisnis, yaitu hanya sampai sekedar membuat website/toko online. Ketika bisnis atau usaha sudah “live” di internet, maka dianggap pekerjaannya sudah selesai. Selanjutnya pembeli akan datang dengan sendirinya, dan bisnisnya pun mampu menghasilkan income dari internet. Sayangnya hal ini tidak pernah terjadi.

Saya menjumpai banyak sekali website atau toko online yang sedikit pengunjung atau bahkan bisa dikatakan tidak ada sama sekali. Banyak pengunjung saja belum tentu menghasilkan penjualan, apalagi tidak ada pengunjung. Ini adalah kondisi umum yang terjadi di dunia usaha online Indonesia. Murni terjadi karena minimnya pengetahuan mendalam tentang bisnis online itu sendiri.

Bagaimana kita mengatasi hal ini?
Bagaimana kita bisa membangun sebuah website/toko online yang bisa dikunjungi oleh banyak orang?
Bagaimana kita bisa membuat pengunjung membeli di website kita?
Dan bagaimana membuat pembeli loyal pada website kita?


Mungkin beberapa tips dibawah ini bisa membantu Bisnis GO Online sahabat ukmsukses.com:

1. BangunEtalase Online dan Blog Bisnis


Istilah Etalase Online saya maksudkan untuk content website yang berkaitan dengan produk,  jualan, atau dagangan anda. Isinya dapat berupa deskripsi produk, harga dan sales letter anda.

Blog Bisnis adalah istilah saya untuk bagian website yang berisi cerita, berita, update terbaru tentang bisnis anda. Blog bisnis tidak mengandung content website iklan, harga dan produk.

Banyak pelaku usaha yang membangun toko online hanya sampai pada Etalase Online saja. Ketika semua produknya sudah di posting ke website, maka web nya pun berhenti diisi.

Ini sayang sekali, karena salah satu syarat sukses di Bisnis Online adalah website memiliki ranking yang bagus di mesin pencari seperti Google, Yahoo dan Bing.  Dan untuk mendapatkan ranking yang bagus, kita perlu memberikan content yang bagus, rutin dan konsisten pada website kita. Blog bisnis adalah cara yang dapat kita tempuh.

Di bagian blog bisnis kita bisa menuliskan apa saja yang terkait bisnis kita, mulai dari berita terbaru, pengalaman bisnis, pencapaian bisnis dan suka duka bisnis yang kita alami. Selain membuat web kita fresh dimata search engine, blog bisnis juga dapat membuat hubungan kita dengan pembaca menjadi lebih dekat.

Jika toko online anda adalah tipikal yang update produk setiap hari, misal toko grosir busana muslim. Anda dapat mengabaikan membangun blog bisnis, karena anda notabene telah mengupdate isi web terus menerus. Hanya saja coba tambahkan isi setiap posting dengan deskripsi produk yang lebih lengkap, cukup banyak kalimat dan menarik. Ini untuk membuat content anda bagus dimata search engine dan juga visitor.


2. IntegrasikanToko Online & Social Media


Penggunaan Social media seperti Facebook, twitter dan youtube dapat mendongkrak reputasi website kita. Integrasikan di website misal lewat fitur comment atau like.  Beritahu juga teman kita di social media apabila web kita mengupdate artikel atau produk terbaru.

Penggunaan Facebook fans page juga dapat meningkatkan popularitas website kita. Terlebih lagi kita jadi memiliki database konsumen yang siap kita sodori produk.

Well.. ini tentu akan jadi pekerjaan tersendiri, butuhwaktu dan tenaga untuk me-manage akun social media dan website bersamaan. Tapi saya yakin nilainya akan sepadan dengan hasil yang bisa kita dapatkan.

3. Permudah Konsumen Berbelanja


Untuk meningkatkan jumlah konversi pembeli dari pengunjung yang datang.Yang bisa kita lakukan adalah memudahkan cara mereka berbelanja.

Sediakan kontak mulai dari chat, telp, sms, HP, Pin BB, dan live support.

Jika anda menggunakan shopping cart, kalau bisa sekali klik sudah halaman check-out. Jangan terlalu panjang proses pembelian. Ini akan menyusahkan konsumen.

Penyajian produk juga harus jelas. Gunakan gambar yang bagus, jelas dan mampu mencerminkan 100% kelebihan produk Anda. Foto produk yang bagus sangat bisa meningkatkan konversi penjualan.

4. Daily Deals dan Flash Deals


Daily Deals  artinya penawaran yang diberikan hanya pada satu hari itu saja..
Flash Sales artinya penawaran yang diberikan hanya dalam hitungan jam..
Daily Deals dan Flash Sales is really booming out there..
Pengunjung akan menantikan kapan daily deals dan flash sales yang Toko online anda lakukan. Mereka akan membicarakannya di social media. Menciptakan efek viral luar biasa.

Tentu anda tidak bisa mengharapkan sekali melakukan langsung dapat hasil..
perlu waktu dan konsistensi agar berhasil..
Kombinasikan dengan managemen pengaturan member/ fans/friends website anda.

Anda juga bisa mempercepat kegiatan marketing di awal dengan bergabung kebeberapa website deal aggregator seperti dealkeren atau evoucher.. ini akan mempercepat memberi tahu pasar bahwa web anda sering mengadakan diskon-diskon.

5.Promosi Gratis danBerbayar


Beberapa layanan jasa E-commerce seperti multiply, marketnesia, tokobagus, tokopedia dan sebagainya memberikan layanan untuk mempromosikan poduk anda di website tersebut. Gunakan semua fasilitas ini untuk mempromosikan usaha anda. Sebagian besar fasilitas tersebut dapat kita pakai secara gratis.

Jika anda sudah memiliki cashflow masuk, tidak ada salahnya untuk beriklan di dunia online. Beberapa media iklan seperti FB Ads sangat efektif untuk menjaring leads. Sepanjang anda dapat menentukan target demografi yang tepat untuk iklan anda. Maka investasi iklan dapat berubah menjadi penjualan yang menguntungkan.

Ok pembaca ukmsukses.com 5 tips sederhana diatas mengisyaratkan bahwa Bisnis Go Online juga harus diposisikan dan dikerjakan secara serius. Ada usaha yang harus kita lakukan agar website/toko online kita menghasilkan penjualan. Tidak cukup hanya dengan memajang produk saja.

Semoga tips ini bisa membantu anda untuk meraih kesuksesan..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar