Rabu, 22 Mei 2013

Tips Sukses Menggaet Konsumen Melalui Instagram

Selain berpromosi menggunakan konten artikel, pelaku bisnis online juga bisa memanfaatkan gambar sebagai media pemasaran, salah satunya menggunakan instagram.

Selain berpromosi menggunakan konten artikel, para pelaku bisnis online juga bisa memanfaatkan gambar sebagai media pemasaran. Kemajuan teknologi digital yang semakin hari kian berkembang pesat, memudahkan para pelaku bisnis online untuk memproduksi foto berkualitas tinggi untuk mempromosikan produk-produknya. Salah satunya saja mengoptimalkan peran Instagram yang belakangan ini cukup digemari banyak orang, termasuk juga para pelaku bisnis online.

Gambar produk dapat diedit sedemikian rupa menggunakan Instagram, sehingga wajar adanya bila sekarang ini foto produk di dunia maya seperti foto hasil jepretan fotografer profesional. Dan tidak menutup kemungkinan jika foto produk yang ciamik ini kemudian memberikan dampak yang cukup positif pada angka penjualan produk toko online.

Penasaran ingin mengetahui bagaimana kehebatan Instagram mempercantik penampilan foto produk Anda? Berikut ini ada 4 cara yang dapat dilakukan para pelaku bisnis toko online untuk menggaet calon pembeli melalui aplikasi Instagram.
  • Publikasikan produk Anda
Instagram memudahkan para pelaku bisnis toko online untuk menghasilkan foto yang bagus hanya dalam hitungan menit. Keunggulan ini harus Anda manfaatkan  sebaik-baiknya untuk mempublikasikan produk unggulan yang dipasarkan melalui foto ciamik yang memancing buyer untuk membeli. Dengan kata lain, foto produk yang dipamerkan harus menarik dan kreatif, sebab foto yang berkualitas baik akan mengundang calon pembeli untuk mengunjungi akun Instagram para pelaku usaha secara berkala.
  • Jangan lupa gunakan hashtag
Penggunaan hashtag kini tidak hanya sebatas pada media sosial Twitter dan Pinterest. Pada Instagram pun Anda bisa mencantumkan hashtag untuk memudahkan calon pembeli mencari foto produk yang mereka inginkan. Dalam hal ini para pelaku bisnis online perlu memasukkan hashtag pada caption dari setiap foto yang diunggahnya. Kata kunci yang Anda tuliskan menggunakan hashtag akan memudahkan buyer dalam mencari produk melalui search result.
  • Tak ada salahnya follow akun milik pelanggan Anda.
Lakukan riset pasar melalui e-mail atau media sosial Facebook untuk mendapatkan data seberapa banyak pelanggan Anda yang memiliki akun Instagram. Setelah itu, para pelaku usaha di dunia maya bisa mem-follow akun Instagram pelanggan yang mereka miliki. Strategi ini merupakan salah satu cara memberi tahu buyer bahwa Anda juga aktif di media sosial Instagram sehingga mendorong mereka untuk melakukan follow back terhadap akun Anda.
  • Share pula di sosial media lainnya

Foto yang telah diedit melalui Instagram perlu Anda sebarluaskan ke sosial media lainnya seperti Facebook, Twitter, Pinterest, dan Google+ untuk menginformasikan keberadaan produk Anda kepada masyarakat luas yang menggunakan media social tersebut. Langkah ini perlu dilakukan agar semakin banyak orang yang melihat foto produk Anda dan itu artinya semakin luas pula jangkauan pasar bisnis online yang Anda jalankan.

Cukup mudah bukan? Semoga informasi singkat yang mengangkat tips sukses menggaet konsumen melalui instagram ini bisa memberikan tambahan wawasan bagi para pembaca dan menginspirasi para pemula di dunia maya untuk bisa mempromosikan produk-produknya secara optimal. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!


Credit: BisnisUKM.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar