Rabu, 22 Mei 2013

Dodol Kulit Pisang, Legit Rasanya Besar Untungnya

Tak hanya buahnya saja yang bisa diolah menjadi aneka macam camilan, sekarang ini limbah kulit pisang juga bisa diinovasikan menjadi panganan dodol yang legit.
Hampir setiap orang tentu sudah mengenal buah pisang. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Musa paradisiacal L. ini merupakan tanaman buah tropis beriklim basah yang biasa tumbuh di daerah-daerah yang memiliki curah hujan merata sepanjang tahun. Tanaman ini cukup populer dikalangan masyarakat Indonesia dan hampir setiap orang menyukai citarasa manis dari buah pisang tersebut.

Selain dinikmati langsung sebagai buah, belakangan ini para pelaku bisnis kuliner di Indonesia menginovasikan pisang menjadi beragam jenis makanan ringan. Bahkan tak hanya buahnya saja yang bisa diolah menjadi aneka macam camilan, sekarang ini limbah kulit pisang juga bisa dimanfaatkan menjadi beragam jenis makanan ringan. Salah satunya saja diolah menjadi dodol kulit pisang yang citarasanya tak kalah legit dengan aneka produk dodol lainnya.

Terbuat dari campuran bahan beras pati, gula dan bahan pengisi lainnya seperti kulit pisang, dodol tergolong makanan semi basah dengan kadar gula tinggi sehingga dapat disimpan  dalam waktu yang cukup lama, yakni sekitar 1-3 bulan. Pada prinsipnya proses pembuatan dodol kulit pisang tidak jauh berbeda dengan cara membuat dodol buah, yang membedakannya hanyalah campuran kulit pisang yang sengaja ditambahkan untuk memberikan sensasi baru bagi para penikmatnya.

Tak hanya lezat untuk disantap, kandungan unsur gizi dalam kulit pisang juga cukup lengkap. Meliputi karbohidrat 18,50%, protein, lemak, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin B dan C, serta kandungan air yang mencapai 68,90%. Semua nutrisi yang terdapat pada kulit pisang dapat bermanfaat sebagai sumber energi dan juga sebagai antibodi bagi tubuh manusia.

Nah, bagi Anda para pemula yang sedang bingung mencari peluang usaha. Tidak ada salahnya bila mulai sekarang Anda mencoba mengolah limbah kulit pisang menjadi panganan dodol yang bercitarasa legit dan mendatangkan untung selangit. Berikut kami informasikan salah satu resep sederhana untuk mengolah kulit pisang menjadi panganan dodol.

Resep Dodol Kulit Pisang

Bahan :
  • 2 kg kulit buah pisang
  • ¼ kg buah pisang
  • 1 kg gula pasir
  • ½ kg gula merah
  • 2000 ml santan kelapa
  • ½ kg tepung ketan
  • ¼ kg tepung terigu
  • ½ sdt vanili
Cara Pembuatan: 
  1. Pisang yang sudah matang dicuci bersih lalu dikupas kulitnya.
  2. Kulit pisang yang sudah bersih lalu dikerok daging kulitnya 6=
  3. Kulit pisang direbus sampai empuk
  4. Setelah direbus kulit pisang dipotong kotak-kotak (3-4 mm), kemudian digiling bersama daging buah pisang tersebut agar lebih banyak dagingnya menggunakan penggiling atau blender jika dalam jumlah kecil untuk menghaluskan kulit pisang dan daging pisang agar menjadi bubur. Setelah itu ditambah air dengan perbandingan 1:1
  5. Bubur kulit dan daging pisang yang telah diblender tersebut direbus di dalam wajan bersama santan (dibiarkan sampai mendidih dan mengeluarkan minyaknya) kemudian masukkan gula, dan sedikit garam, sambil terus diaduk.
  6. Tepung ketan dan tepung terigu dibuat adonan seperti bubur dengan sedikit air, kemudian dimasukkan ke wajan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk kurang lebih selama 5 jam.
  7. Sebelum dikemas, dinginkan dodol tersebut terlebih dahulu selama semalam.
Tahap Pengemasan:
  • Ketika sudah dingin, dodol siap dipotong-potong lalu dibungkus dengan plastik bening dengan ketebalan 0,8 mm dan dikemas dalam kotak mika atau kardus cantik.
  • Penyimpanan dodol dapat diletakkan pada suhu yang sejuk yang tidak mengalami kontak langsung dengan sinar matahari. Hal ini untuk mencegah terjadinya perubahan warna dan rasa. Umur simpan dodol yang masih layak untuk dikonsumsi yaitu 7 hari – 3 bulan pada suhu kamar.

Semoga informasi singkat yang mengangkat keunikan dodol kulit pisang, legit rasanya besar untungnya ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan menjadi salah satu inspirasi bisnis yang bisa Anda coba dari sekarang. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!





Credit: BisnisUKM.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar