Rabu, 22 Mei 2013

Bisnis Camilan Peyek Kedelai, Omzetnya Capai Jutaan Rupiah

Dari sekian banyak jenis camilan, peyek merupakan salah satu camilan yang dari dulu hingga sekarang masih digemari para konsumen.
Bisnis aneka macam makanan ringan memang menjanjikan keuntungan yang cukup besar. Salah satunya saja seperti camilan peyek yang dari dulu hingga sekarang masih digemari para konsumen. Rempeyek atau yang lebih akrab disebut peyek merupakan sejenis makanan ringan dari kelompok gorengan yang dibuat dari adonan tepung beras dengan beragam jenis toping di atasnya.

Toping atau pengisi yang sering digunakan para pelaku usaha untuk melengkapi gurihnya rasa peyek pun sangat beragam. Diantaranya ada kacang tanah, kacang kedelai, kacang tolo, kacang hijau, ikan teri, ebi, udang kecil, jingking, laron, rebon, serta toping lombok ijo yang belakangan ini mulai marak beredar di kalangan masyarakat luas.

Dari beragam jenis rempeyek yang beredar di pasaran, camilan peyek kedelai merupakan satu dari sekian banyak peyek yang digemari banyak konsumen. Tak hanya citarasa dan renyahnya saja yang membuat konsumen ketagihan, camilan peyek ternyata juga mendatangkan keuntungan cukup besar bagi para pelakunya. Contohnya saja seperti toko camilan “Dianita” yang dibangun oleh Runi bersama sang suami yang bernama Sugiarto di Desa Kalijati Barat, Kecamatan Kalijati, Kabupaten Subang.

Selain menawarkan beragam jenis makanan ringan, Runi dan suaminya rutin memproduksi camilan peyek yang selalu ramai diserbu oleh para pelanggan. Dengan menambahkan ciri khas aroma daun jeruk pada camilan peyek yang Ia produksi, setiap harinya camilan tersebut yang paling laris diborong para pelanggan. Dikemas dengan plastik ukuran 250 gram sampai 500 gram, beragam jenis camilan di tokonya dibandrol dengan kisaran harga mulai dari Rp 5.000,00 sampai Rp 16.000,00.
Dari toko camilan yang Ia rintis, saat weekend ataupun musim liburan Runi mengaku bisa mengantongi omzet sekitar Rp 2.000.000,00 sampai Rp 3.000.000,00 dalam sehari. Bisa Anda bayangkan bukan seberapa besar omzet bisnis camilan tersebut dalam sebulan?

Nah, untuk membantu para pemula yang tertarik terjun menekuni bisnis aneka camilan. Pada kesempatan kali ini akan kami informasikan pula resep membuat peyek kedelai yang bisa Anda praktekan untuk mengikuti jejak kesuksesan bisnis camilan peyek kedelai, omzetnya capai jutaan rupiah.

Resep Peyek Kedelai


Bahan:
  • 250 gram kacang kedelai
  • 500 gram tepung beras
  • 500 ml santan encer
  • ½ sdt air kapur sirih
  • 2 butir telur ayam, kocok lepas
  • 5 lembar daun jeruk, iris halus
  • 1liter minyak untuk mengoreng
Bumbu yang dihaluskan :
  • 7 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri
  • 1sdt ketumbar
  • ½ cm kunyit
  • 1sdt garam
  • ½ sdt penyedap rasa
Cara Membuat :
  1. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan yaitu merendam kacang kedelai dalam air dingin selama minimal 2 jam hingga kacang mulai lunak. Kemudian tiriskan.
  2. Berikutnya aduk bumbu yang sudah dihaluskan, dengan tepung beras, santan, air kapur sirih dan telur hingga rata.
  3. Tambahkan kacang kedelai dan daun jeruk, aduk rata.
  4. Panaskan 1 liter minyak di dalam wajan besi.
  5. Ambil sesendok sayur adonan rempeyek kedelai, tuangkan ke pinggir wajan hingga melebar.
  6. Siram gorengan peyek dengan minyak dan lanjutkan menggoreng hingga rempeyek matang dan kekuningan.
  7. Angkat dan tiriskan hingga dingin.
  8. Simpan dalam wadah kedap udara, untuk ukuran kemasan 1 kg.
Selamat mencoba dan salam sukses!



Credit: BisnisUKM.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar