Rabu, 22 Mei 2013

Kiat Sukses Melatih Diri Agar Bisa Multitasking

Sebagai seorang entrepreneur, tentunya Anda harus mulai belajar multitasking agar mampu menyelesaikan segala urusan bisnis dengan baik. Sebab, banyak tenaga, pikiran, dan waktu yang tersita saat Anda memulai sebuah usaha. Baik itu bisnis online maupun bisnis offline, semuanya membutuhkan perhatian yang cukup besar untuk bisa mencapai puncak kesuksesan.

Karenanya saat ini para pelaku usaha dituntut untuk bisa multitasking agar tak kalah bersaing dengan para kompetitor yang mulai bermunculan di sekelilingya. Meskipun sebenarnya multitasking tidak pernah terjadi di otak manusia. Namun seseorang bisa melakukan time-sharing dalam otaknya sehingga mampu melakukan pekerjaan yang berbeda-beda dalam satu waktu atau yang lebih dikenal dengan istilah multitasking.

Nah, untuk membantu para pemula yang sedang ingin membangun usaha, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar otak Anda bisa semakin cepat melakukan pergantian fokus sehingga pekerjaan Anda yang cukup banyak bisa terselesaikan dengan cepat dan dalam waktu yang relatif singkat.

1. Sebaiknya kerjakan beberapa kegiatan yang masih berhubungan.
Secara ilmiah, ketika otak seorang manusia dipaksa untuk pindah memikirkan pekerjaan yang lain, otak harus beradaptasi kembali. Adaptasi ini sebenarnya memerlukan waktu yang singkat, amun dalam prosesnya otak manusia harus memanggil kembali memori, fokus, dan produktivitas sebelumnya. Jika pekerjaan yang selanjutnya tidak hampir sama dengan pekerjaan sebelumnya, maka proses tersebut akan memakan waktu yang lebih lama.

2. Buatlah urutan skala prioritas.

Anda bisa mulai menuliskan semua pekerjaan yang harus dilakukan pada sebuah buku agenda. Berikan tanda bold atau berikan warna yang berbeda pada pekerjaan yang memiliki skala prioritas cukup tinggi. Jika Anda punya kekuasaan lebih untuk memimpin di sektor pekerjaan Anda, sebaiknya bawa juga karyawan-karyawan Anda ke dalam budaya tersebut. Sebab, yang menentukan alur kerja seseorang adalah lingkungan tempat Ia bekerja.

3. Beri sedikit waktu bagi otak Anda untuk menerima informasi baru.
Tidak semua orang bisa langsung mencerna beberapa informasi dalam waktu bersamaan. Untuk itu berikan sedikit waktu bagi otak Anda untuk menerima informasi baru dari atasan Anda, kemudian kembali mengerjakan tugas pokok Anda yang belum terselesaikan sebelum akhirnya berpindah memberikan follow up pada informasi yang baru saja Anda terima. Dengan begitu, fokus Anda tidak terpecah dan bisa menyelesaikan beberapa pekerjaan dalam waktu yang hampir bersamaan.

Setelah membaca beberapa tips bisnis yang mengangkat kiat sukses melatih diri agar bisa multitasking, kini giliran Anda untuk mengaplikasikannya langsung di dunia usaha untuk bisa mencapai puncak kesuksesan yang telah Anda impikan. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!


Credit: BisnisUKM.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar