Pertanyaan2 seperti hampir sering di sampaikan ke saya baik ngobrol,
chating ataupun via email. Memang utk sebagian orang yang sudah lama
menekuni usaha retail terutama, pemilihan lokasi mungkin bukan hal yang
terlalu sulit, akan tetapi buat yang baru mau terjun pertama kali
membuka toko biasanya pemilihan lokasi akan sangat hati2 penuh
pertimbangan, ragu bahkan saking lamanya berpikir, tiba2 malah keduluan
di ambil orang atau bahkan mungkin kalah duluan dengan pesaing kita :-)
Bagaimana
sih sebaiknya memilih lokasi toko/distro, faktor2 apa saja yang perlu
di perhatikan dalam menentukan lokasi toko. Pengalaman saya sendiri
pribadi dalam menentukan lokasi distro,tidak semua tepat, ada yang salah
bahkan ada juga dalam waktu 8 bulan ada yang langsung saya tutup
karena sepi pengunjung :-( .
1. Dekat dengan target market.
Pastikan siapa target market produk anda, apakah utk kalangan tertentu, umur tertentu
Atau
mungkin lebih spesifik lagi. Satu nilai tambah untuk toko anda, bisa
menjangkau market lebih dekat, sehingga customer lebih mudah untuk
mengunjungi,lebih hemat waktu serta biaya bagi customer.
2. Gampang terlihat ( viewable )
Bisnis
retail, apalagi distro fashion lokasi yg strategis dan gampang di
lihat, akan sangat memudahkan menarik customer dan meminimalisir biaya
promosi (pengenalan lokasi misalnya)
Apalagi ditambah dengan papan nama/signage yg mencolok, unik sekaligus eye catching.
3. Traffic
Arus
lalu lalang orang atau kendaraan.. Untuk konsep toko atau distro yang
menganut konsep Independent Store. ( Berdiri sendiri di luar komplek
pertokoan, pusat perbelanjaan, mall ). Kepadatan traffic akan
berpengaruh terhadap pengunjung toko.
4. Akses
Penting
juga di perhatikan arus lalu lintas apakah satu arah atau dua arah,
apakah letak toko kita ada pada sisi arah orang pulang beraktifitas
atau arah berangkat orang beraktifitas. Bagaimana customer mudah
mengakses menuju toko kita, apakah ada median jalan sehingga perlu
memutar balik apabila menggunakan kendaraan.
5. Sharing area atau monopoli area
Pertimbangan pemilihan lokasi seperti ini, sama sama mempunyai resiko.
Sharing area :
Adalah
lokasi yang kita pilh dengan alasan di lokasi tersebut sudah ada toko
sejenis atau kompetitor, otomatis resiko memilih .lokasi seperti ini
kita sudah siap utk berkompetisi dalam segala hal. Akan tetapi
keuntungannya kita masuk di area yang sudah pasti ada market,tidak perlu
mensurvei lagi, selain itu kita tidak perlu mengedukasi pasar lagi.
Monopoli area :
Kita
memilih lokasi yang benar2 belum ada pesaing, dengan resiko kita harus
mengeluarkan biaya ektra utk mempromosikan toko kita, perlu effort waktu
dan biaya. Akan tetapi karena kita sendiri ada di area tersebut, maka
kita akan lebih leluasa utk menetapkan harga, menikmati margin karena
relatif tidak ada kompetitor.
6. Biaya sewa
Lokasi toko yang strategis otomatis mempunyai harga sewa yang tinggi.
Bagaimana
kalau selisih harganya dengan lokasi lain yang kurang strategis cukup
besar ?? Sepanjang selisih harganya masih tercover dengan potensi yang
akan di dapat, lebih baik memang memilih tempat yang strategis walaupun
harga akuisisinya lebih mahal.
7. Legalitas
Aspek
legal wajib diperhatikan, jangan sampai mengabaikan hal ini, terlalu
beresiko apabila kita sudah memutuskan memilih lokasi tetapi di kemudian
hari bermasalah secara dalam hal perijinan, regulasi kawasan serta
lingkungan sekitar.
8. Lingkungan sekitar
Jenis
usaha di kanan kiri toko kita akan sedikit berpengaruh terhadap image
dan tidak langsung mempengaruhi minat kunjungan customer. Contoh :
distro akan lebih cocok di deretan usaha warnet, game, cafe terlalu
memaksakan diri apabila samping distro ada bengkel motor, toko bangunan
:-(
Terlepas dari hal hal tersebut di atas, faktor insting
bisnis sedikit banyak akan sangat berpengaruh dalam hal memilih lokasi
tempat usaha/toko. Semakin kita sering menjalaninya akan semakin mudah
kita untuk memilih lokasi mana yang paling cocok, sehingga meminimalisir
kerugian investasi di kemudian hari.
Selamat hunting lokasi !
Oleh: Try Atmojo
Owner: www.raxzel.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar