Minggu, 09 Mei 2010

Gairah Hidup = Kesuksesan

Penulis : Rico Kurniawan


Gary Vaynerchuk (34 tahun), salah satu selebriti internet yang meraih kesuksesan luar biasa melalui Winelibrary.tv, dalam bukunya "Crush It!" menyatakan bahwa apapun yang menjadi gairah hidup Anda akan mendatangkan kesuksesan luar biasa. Itu juga memberikan saya inspirasi untuk menulis artikel ini. Dalam artikel ini, saya mau membagikan tentang "gairah hidup = kesuksesan."
Pertanyaan pertama yang harus kita jawab adalah"Apa yang menjadi gairah hidup Anda?"

Gary adalah seorang penggemar berat wine. Maka Gary rela membaca, mencicipi, pergi ke berbagai tempat hanya untuk mengetahui apa yang terkandung dalam sebuah botol wine. Gary melakukan hal tersebut hampir setiap hari, dan tidak pernah merasa lelah akan apa yang dia lakukan. Jika Anda bukan penggemar wine maka Anda tidak akan pernah mau melakukan hal tersebut siang dan malam tanpa henti. Jadi apa yang memberikan kekuatan bagi Gary untuk melakukan hal tersebut? Sesuatu yang sangat senang Anda lakukan, dan Anda akan lakukan apa saja untuk dapat melakukannya yakni gairah hidup.

Beberapa masukan untuk dapat menemukan apa yang menjadi gairah hidup Anda:
1. Tuliskan daftar hal-hal yang Anda sukai dalam secarik kertas. (Hal tersebut tidak mempunyai batasan, semakin spesifik maka semakin gampang Anda akan menemukan gairah hidup Anda),
2. Berikan rating dari apa yang Anda sangat sukai sampai biasa-biasa saja (1-5, 5 berarti sangat suka, 1 biasa-biasa saja),
3. Pisahkan apa yang Anda sukai dari list tersebut,
4. Pilih hal yang Anda sangat sukai yang sangat mudah untuk dibagikan kepada orang lain, itulah yang menjadi gairah hidup Anda dan akan memberikan Anda kesuksesan luar biasa!

Setelah mendapatkan apa yang menjadi gairah hidup Anda, lanjutkan dengan membagikan gairah hidup Anda kepada orang lain. Dalam langkah keempat saya menyinggung bahwa pilihlah hal yang dapat Anda bagikan kepada orang lain, karena gairah hidup Anda akan hanya berhenti untuk memenuhi kepuasan Anda, jika Anda tidak membagikan hal tersebut dengan orang lain.
Kesuksesan tidak terlepas dari peran serta kita kepada orang lain. Kembali kepada contoh Gary Vaynerchuk, dia membagikan apa yang menjadi gairah hidupnya dengan membuat website yang berisi video, artikel, komentar-komentar tentang wine. Seperti yang kita ketahui, dengan era teknologi yang sangat canggih ini, kita dapat membagikan apa saja di internet. Dengan membagikan kepada dunia apa yang menjadi gairah hidup Anda (dapat berupa cerita, artikel, video, komentar, menghadiri pertemuan atau seminar-seminar, dan apapun itu) tidak saja Anda sudah memberikan warna kepada dunia tetapi Anda juga membuat personal brand bagi Anda di mata dunia.

Gary Vaynerchuk
Gary Vaynerchuk sedang bercakap-cakap dengan para peserta sebuah festival/seminar di Texas, AS,
beberapa waktu lalu. (credit photo: AP)



Seperti Gary, ia dikenal sebagai "the first wine guru of the Youtube era." Sebutan itu tidak dibuat secara sengaja dibuat oleh Gary ataupun untuk kepentingan promosi. Tetapi itu merupakan sebuah apresiasi dari masyarakat pencinta wine kepadanya.

Anda pun sama seperti Gary yang hanyalah seorang insan yang menemukan gaya hidup dan membagikannya kepada orang lain. Jika Anda membagikan gairah hidup Anda dengan tulus, ikhlas dan konsisten, perlahan-lahan Anda pun akan mendapat respon dari orang-orang yang menghargai jerih payah Anda. Untuk itu, dibutuhkan kerendahan hati untuk menerima kritik, saran, pujian, ataupun cemooh. Karena memang setiap orang mempunyai pendapat yang berbeda tentang suatu hal tetapi yang pasti mereka perhatian dan peduli terhadap Anda. Jadi, menghargai respon-respon yang diberikan merupakan kunci untuk menjembatani kesuksesan anda.

Akhir kata, artikel ini merupakan suatu cara yang saya lakukan untuk membagikan apa yang menjadi gairah hidup saya.

We are awesome,

Rico Kurniawan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar