Senin, 22 April 2013

5 Kriteria Bisnis Online yang Menguntungkan

Oleh: Iim Rusyamsi - UKMSukses.com



Pada kesempatan memberikan pelatihan di acara “Pelatihan Persiapan Pensiun” para karyawan FIF (Astra Group), 25 November 2010 di Menara FIF, Jalan TB Simatupang yang diselenggarakan oleh Adora Learning Center, perusahaan yang saya miliki juga. Saya memberikan sesi tentang Bisnis Online.

Sebagian dari peserta banyak yang belum begitu optimal dalam menggunakan internet untuk pemasaran dan bisnis. Saya memberikan beberapa tips dan hal-hal mudah yang mereka bisa lakukan sebagai peluang bisnis/penambahan income pada saat mereka pensiun.

Beberapa tips yang saya berikan adalah 5 kriteria bisnis online yang dapat dilakukan di rumah :

1. Bentuk barang atau jasa yang mempunyai permintaan yang tinggi

Mempunyai permintaan/demand yang tinggi pada barang atau jasa yang kita tawarkan pada pelanggan. Kita melihat beberapa peluang yang daya beli dan kebutuhan pelanggan meningkat maka tidak ada salahnya kita ciptakan suatu produk untuk dijual.

2. Disarankan memilih barang yang tidak ada inventory

Contohnya, ada suatu toko online komputer dengan brand ternama tetapi pada saat pelanggan ingin memilih suatu produk, toko online komputer tersebut hanya mengambil pada pemasok. Karena yang ditawarkan hanya pelayanan dan jasa saja. Sebagai pemula, ini salah satu cara yang aman untuk menjajaki seberapa besar suatu pasar pada nilai suatu barang

3. Dibutuhkan juga oleh negara lain (Global)

Ada baiknya jika memilih suatu produk yang akan dipasarkan, tidak hanya pada titik penjualan secara lokal saja tetapi sektor pasar luar negeri juga membutuhkan. Contoh nyata bisa saja pada penjualan baju muslim, jilbab, atau kreasi handmade.

4. Margin yang didapat tinggi

Apabila kita bisa menjual kepercayaan pada pelanggan, melayani sepenuh hati, jujur dan dapat mendefinisikan produk yang akan dijual maka pelanggan akan kembali pada kita. Pelanggan akan royal dan tidak akan mempermasalahkan suatu harga apabila kita bisa menjamin apa yang menjadi kepuasan pelanggan itu sendiri.

5. Mulai dari modal seminim mungkin

Dengan sistem penjualan online, maka pengeluaran seperti biaya tempat, pegawai, listrik, dll tidak akan membuat Anda pusing karena hanya memerlukan modal yang sedikit saja. Mulailah dari yang kecil untuk menciptakan produk yang unik sehingga bisa menghasilkan income yang besar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar