Jumat, 19 April 2013

Video Blogger yang Usil

Oleh Tim AndrieWongso


Bagi Natalie Tyler Tran, Youtube adalah peluang. Dan ia tak main-main melakukannya kendatipun kalau melihat videonya seperti main-main. Lihat saja, sejak mulai meng-upload video pertamanya pada 12 September 2006, hingga kini ia sudah memiliki lebih dari 300 video di Youtube. Secara keseluruhan videonya dilihat sebanyak 460 jutaan kali dengan jumlah  subscriber lebih dari satu juta orang, yang tertinggi di Australia dan urutan kelima di dunia.

Apa yang ia dapat? Dengan mengikuti program YouTuber Partners ia menjadi partner berpenghasilan tinggi di website itu. Padahal awalnya dia bukan siapa-siapa, bukan artis atau ahli suatu bidang. Dia hanya seorang gadis yang ceriwis yang banyak bicara tentang segala hal dengan ungkapan-ungkapan humornya yang menggelitik.

Segala hal bisa ia bahas. Dari hal yang sepele hingga hal yang pelik. Misalnya, kerap seseorang ingin menunjukkan foto pada temannya yang disimpan di handphone -nya. Tapi karena terburu-buru, saat menyodorkan gadget itu yang ditunjukkan malah foto yang tak pantas diperlihatkan. Tran mencoba memberi tips agar hal seperti itu tak kejadian. Tipsnya biasa saja. Tetapi jadi lucu saat dibahas oleh Tran.

Di videonya ia berperan sendiri, bicara sendiri, dan menyutradarainya sendiri. Jika temanya harus diperankan berdua atau bertiga, ia akan berperan dua-tiga kali, tentu saja dengan pakaian berbeda sehingga tampak seperti dua atau tiga orang. Dan ia tak perlu tempat shooting yang jauh, cukup di kamarnya. Atau di dalam kabin mobilnya. Kemahirannya mengedit video membuat video-video itu menjadi penuh cerita, menarik, lucu, inspiratif, dan kadang memberikan solusi praktis. Pantas jika banyak yang menyukainya.

Tran lahir di Sydney, Australia, 24 Juli 1986, dari kedua orang tua Vietnam yang pindah ke Australia pada tahun 1981 untuk mencari penghidupan baru. Meski di Vietnam ayahnya adalah pengacara dan ibunya profesor, saat tiba di Sydney mereka harus memulai hidup dari bawah. Ayahnya menjadi tukang pos dan ibunya menjadi guru.Tran sendiri awalnya ingin mengikuti jejak ibunya menjadi guru. Karena itu selesai SMA ia melanjutkan sekolah ke pendidikan guru. Namun tak lama ganti haluan. Ia kemudian pindah ke University of New South Wales dengan mengambil program digital media.

Ia mulai meng-up-load videonya pada September 2006. Awalnya videonya banyak yang mencaci. Namun ia terus belajar. Menurutnya, ia menjadikan Youtube sebagai tempat menumpahkan hobinya bercerita. “Buat saya, semuanya mengenai storytelling, membuat orang tertawa, dan berbagi,” katanya.

Tak perlu satu tahun ia sudah terkenal dan menjadi bintang Youtube. Tahun 2009 ia dinominasikan sebagai pemenang “Best Youtube Channel or Personality” dan “Funniest Youtube Channel” dalam ajang Open Web Awards. Tahun 2010 perusahaan riset TubeMogul  menempatkan Tran di urutan ke-10 sebagai “Top Ten Earners from Youtube Advertising” dengan penghasilan sekitar Rp 1 miliar setahun. Itulah Natalie Tran yang memanfaatkan Youtube untuk menjadikannya seorang video blogger (vlog). Lebih dari itu, ia telah menjadi selebriti internet karena keusilannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar