Selasa, 23 April 2013

8 Hal Penyebab Utama Gagalnya Start Up Bisnis

Saya punya seorang teman yang sudah lama saya kenal, teman saya satu ini, sebelumnya sudah cukup lama bekerja di sebuah Perusahaan besar . Kalau melihat dari kegigihan, pengalaman, pendidikan, network dan ekpertisenya sudah tidak di ragukan lagi pokoknya .

Sebelum akhirnya dia memutuskan untuk berhenti dan mulai membangun bisnis sendiri . Sebetulnya waktu itu bidang bisnis yang di pilih sudah cukup tepat menurut pengamatan saya, malah terus berkembang, tetapi entah kenapa pada akhirnya terpaksa di tutup .

Terakhir, selalu pada saat kita lama tidak ketemu , selalu berganti jenis bisnisnya, dari mulai jaman wartel, counter hp, biro jasa , laundry , fotokopi + ATK dll .

Memang biasanya bisnis yang lagi mulai, pada awal berdirinya akan banyak menemui hal 2 umum seperti ini :

  1. Belum adanya penjualan yang berakibat aliran cashflownya tersendat
  2. Beban pengeluaran yang sudah pasti ( fixed cost )
  3. Masih terus mencari basis pelanggan yang tepat
  4. Pemilik yang masih terpaksa in-charge dalam operasional day per day, yang berakibat “melupakan “ inovasi serta strategi marketing
  5. Kurangnya dana cadangan untuk mencover biaya operasional tahap awal
  6. Kurangnya skill & pengetahuan tentang strategi bisnis si pemilik atau kurangnya pengetahuan tentang ciri khas kelemahan dari masing masing jenis / type bisnis ( critical point )
  7. Lemahnya Attitude serta karakter si pemilik dalam me-manage bisnisnya hubungannyadengan semua stake holder yang terkait ( Pelanggan, Suplier, Perbankan , Karyawan dll )
  8. Kurangnya disiplin, komitmen, persistensi, usaha & doa dalam membangun bisnis .

Hampir semua bisnis pada awalnya pasti akan mengalami masa-masa sulit seperti tersebut di atas, tinggal bagaimana kita sebagai pemilik untuk peka & menguasai point point kritis tersebut. Di dalam prosesnya , kita boleh boleh saja merubah “ Strategi “ tanpa perlu merubah, fokus dan target bisnis kita .


Salam sukses



Try Atmojo
Owner : www.raxzel.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar