Selasa, 27 April 2010

How To Run A New Business

Oleh: Peter Lim


"Do all the good you can, by all the means you can, in all the ways you can, in all the places you can, at all the times you can, to all the people you can, as long as ever you can" John Wesley

Apakah karir anda sudah stagnant dan tidak berkembang sesuai dengan yang diharapkan ? Apakah anda telah bosan menjadi karyawan ? Atau Apakah anda telah memiliki modal yang memadai dan ingin mencoba menjadi Boss bagi diri anda sendiri ? Jika jawabannya : YA. Coba direnungkan, dipelajari dan dianalisa pertanyaan - pertanyaan yang tertera dibawah ini.

1. Bagaimana dengan prospek dan potensial usaha yang akan anda awali ? Usaha yang prospek dan potensial adalah usaha yang :
1. Dibutuhkan oleh masyarakat.
2. Pasar masih segar / belum jenuh.
3. Pertumbuhan ekonomi cukup significan - buying power bagus.
4. Pertumbuhan pasar juga significan

2. Siapa competitor anda dan bagaimana menghadapinya ? Ini harus jelas diketahui (survey) agar strategi memposisikan produk, bisa tepat pada di level tertentu.

3. Siapa target market dan bagaimana mencapainya ? Ini untuk mempermudah dalam hal penetapan harga dan juga promosi. Jika target market adalah kalangan ekonomi menengah ke atas maka pricing strategy yang diterapkan adalah tidak murah dan tidak mahal (reasonable price). Sedangkan ekonomi yang menengah ke bawah, pricing strategy yang diterapkan adalah harga relative murah / terjangkau dan kompetitif dengan produk yang sejenis. "Our goals can only be reached through a vehicle of a plan, in which we must fervently believe, and upon which we must vigorously act. There is no other route to success" Stephen A. Brennan

4. Bagaimana birokrasi untuk mendapatkan izin usaha ? Jika birokrasi terlalu complicated, ini akan berdampak langsung pada peningkatan cost, yang mana pada akhirnya juga akan mempengaruhi dalam penentuan pricing strategy. Kemungkinan besar, harga tidak akan competitive dan reasonable.

5. Familiar ngak nama usaha anda ? Nama usaha yang familiar adalah nama usaha yang mudah di - eja, di - ingat dan sudah memasyarakat. Jika namanya tidak familiar, bisa saja menimbulkan keragu - raguan / kebimbangan sehingga konsumen akan menjadikannya sebagai pilihan kedua.

6. Berapa banyak investasi yang dibutuhkan dan telah tersedia atau belum ? Dampak dari ketersediaan dana investasi ini, harus benar - benar di analisa dan di eveluasi dengan serius agar tidak sampai terjadi, kalah berperang dipertengahan jalan.

7. Dimana kantor dan tempat usaha ? Apakah tempatnya cukup strategy mudah dihubungi dan juga delivery ?

8. Telah siapkah dengan sarana dan prasarana yang dibutuhkan ? Untuk kelancaran dan efisiensi, sarana dan prasarana yang tersedia haruslah yang prima.

9. Apakah usaha anda telah diasuransikan ? Ini diperlukan untuk menghindari terjadinya hal - hal yang diluar dari prediksi.

10. Apakah supplier / distributor telah siapa men support anda ? Tanpa adanya support dari mereka - mereka (supplier / distributor) ini, apapun program / planning yang telah dibuat, tidak akan bisa terlaksana dengan baik.

11. Bagaimana dengan sistem menejemennya ? Apapun bentuk dari organisasi, menejemen harus benar - benar ditegakkan. Prinsip dasar The Right Man On The Right Place, harus benar - benar diterapkan. "Management means, in the last analysis, the substitution of thought for brawn and muscle, of knowledge for folkways and superstition, and of cooperation for force. It means the substitution of responsibility for obedience to rank, and of authority of performance for the authority of rank" Peter Drucker

12. Bagaimana dengan sistim pemasaran "product, price, place dan promotion" ? Ini semuanya, harus dilaksanakan seprofessional mungkin.

Jika anda telah memiliki jawaban - jawabannya, berarti anda telah bisa mengawali usaha anda sendiri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar