Sabtu, 10 April 2010

Usaha Makanan Italia Spaghetti

Makin lama, makin banyak orang Indonesia menyukai spaghetti. Spaghetti biasa dijuluki "mie Italia" karena bentuknya mirip dengan mie, panjang-panjang dan kurus. Dalam bahasa Italia, spaghetti artinya "tali kecil". Spaghetti bisa dimakan dengan saus kental yang dibuat dari tomat, daging atau seafood, bumbu-bumbu, dan sebagainya serta diberi parutan keju. Spaghetti bisa juga dimakan dengan saus keju campur telur. Kadang-kadang saus spaghetti diberi pula potongan daging cincang.

Bahan-bahan spaghetti sudah banyak tersedia di toko-toko swalayan Indonesia. Karenanya, untuk menjalankan usaha makanan spaghetti ini cukup mudah. Asal kita bisa mendapatkan tempat yang strategis dan pangsa pasar yang tepat, usaha berbasis makanan Italia ini bisa memberi keuntungan yang menjanjikan.

Di bawah ini beberapa resep spaghetti:


A. Spaghetti Carbonara



Bahan :
air untuk merebus
1 sdt garam
1 pak spaghetti (± 450 gr)
2 sdm minyak zaitun/minyak sayur biasa, untuk merebus dan menumis
150 gr bawang bombay, cincang
2 siung bawang putih, cincang
150 gr beef bacon/ smoked beef, iris-iris keci
2 sdm margarine
150 gr jamur kancing, iris tipis
100 gr keju parmesan/cheddar parut

saus :
250 ml krim kental
50 ml susu cair
3 butir telur, kocok
125 gr keju parmesan/cheddar parut
1 sdt merica bubuk

Cara membuat:
1. Masak air dalam panci, bubuhkan garam. Setelah mendidih, masukkan spaghetti dan tambahkan 1 sdm minyak ke dalamnya. Masak 10-12 menit atau sesuai dengan petunjuk yang tertulis di kemasannya. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
2. Panaskan 1 sdm minyak dalam wajan, tumis bawang bombai dan bawang putih sampai harum. Masukkan daging iris tadi, masak hingga daging agak kering, angkat. Sisihkan.
3. Panaskan margarine dalam wajan, tumis jamur 3-4 menit, masukkan tumisan daging serta spaghetti, aduk rata.
4. Tuangkan campuran saus ke dalam wajan spaghetti, kecilkan api. Aduk cepat hingga semua bahan tercampur rata dan semua bahan cukup matang, angkat. Pindahkan spaghetti ke atas piring saji. Taburi keju part di atasnya. Hidangkan selagi panas.


B. Spaghetti Bolognaise



Bahan:
40 gr daging sapi giling
20 gr bawang bombai, cincang halus
30 gr minyak goreng
20 gr wortel, potong kotak kecil
15 gr daun bawang, iris halus
15 gr daun seledri, iris halus
2 gr rosemary
50 gr pasta tomat
10 gr daun basil segar
70 gr spaghetti matang
minyak secukupnya
1 lbr bay leaf (daun salam)
30 ml demiglace/gravy sauce
40 ml kaldu ayam
½ sdt garam
½ sdt gula pasir
10 gr terong ungu
10 gr tepung terigu
1 btr telur, kocok lepas
10 gr tepung roti
30 ml minyak goreng
2 gr tomat, potong kotak, tanpa isi
2 gr peterseli cincang untuk taburan
3 gr parmesan cheese untuk taburan

Cara membuat:
1. Panaskan minyak goreng, tumis bawang bombai sampai harum dan kecoklatan. Tambahkan daging giling sambil diaduk hingga berubah warna. Masukkan wortel, daun bawang, dan seledri. Masak sampai daging keluar minyak.
2. Bumbui dengan rosemary, pasta tomat, garam, gula, demilace, dan kaldu ayam. Masak sampai matang. Menjelang diangkat tambahkan basil, aduk, angkat.
3. Ambil terong, kupas, buang bijinya, bagi dua memanjang, masing-masing dipotong 4 bagian sama besar atau masing-masing sekitar 10 gr. Celup ke dalam telur lalu gulingkan di atas tepung terigu. Angkat, gulingkan di tepung roti.
4. Goreng terong dalam minyak panas hingga kecoklatan, tiriskan.
5. Sendokkan spaghetti di piring hidang, tambahkan saus, potongan tomat, peterseli cincang dan keju parmesan, hias dengan terong goreng, hidangkan.

Untuk 1 orang


Tips:
•Masukkan daun basil di saat terakhir agar tetap harum.
•Pasta tomat (tomato paste) adalah tomat dalam kaleng berbentuk pasta. Biasa digunakan dalam pembuatan saus pizza. Tersedia di pasar swalayan.
•Daun basil tersedia dalam bentuk segar atau kering di pasar. Sering digunakan dalam berbagai masakan Eropa.
•Keju parmesan adalah jenis keju keras berasal dari Parma, Italia. Warnanya kuning muda dengan aroma tajam, karena proses pemeraman yang lama, antara 14 bulan sampai 4 tahun. Keju ini sangat cocok untuk taburan pada pasta, hidangan serba panggang, tumisan, olahan ayam, daging, ikan, atau pizza. Di pasaran dijual dalam bentuk utuh atau diparut dalam wadah kardus.
•Gravy atau demiglace dibuat dari tulang sapi yang dipanggang dengan bumbu dan sayuran hingga kecoklatan, lalu direbus selama 5-6 jam. Disaring lalu kaldunya dikentalkan dengan tepung terigu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar