Kamis, 29 April 2010

Usaha Rental Playstation / PS (Bag. 3)

Untungan mana seh usaha rental PS3 atau PS2???


Baca sebelumnya:
- Usaha Rental Playstation / PS (Bag. 1)
- Usaha Rental Playstation / PS (Bag. 2)


Just sharing aja teman2 sekalian. Karena semakin banyak dan booming ps3 dan xbox 360 kenapa ga usaha rental aja untuk menambah pemasukan, tapi gue sahring aja ya bro selanjutnya terserah anda.

Gue usaha rental ps3 dan xbox 360, gue sharing aja ya

Gambar Rental PS3


Modal:

PS3 : 2 x @ Rp 3 jt (pasaran sekarang ps3 sekarang 3 jutaan udah include 2 stik and hdmi cabel) = 6 juta

XBOX 360 : 2x @ Rp 3,5 jt (include 2 stik and hdmi cabel) = 7 juta

LCD TV 32 prefer yang full HD : 4 X @Rp 5 juta = 20 juta

Kaset PS3: game bola wajib WE 2010 2 biji, sisanya COD MW2 dll siapin aja duit 1,5-2 juta

Kaset XBOX360 : 20x @30000 = Rp 600 ribu

Total Modal Awal : 6+7+20+2,5 =+/- 35 juta (belum termasuk bangku dan aksesoris lainnya)

Perhitungan keuntungan dan BEP:

PS3/XBOX 360 harga rentalnya berbeda. PS3 harga sejamnya rata2 di pasaran ratenya 7-9 ribu, kalo Xbox 360 harganya 6-8 ribu. Kenapa sih beda harga nya? karena ps3 harga kasetnya mahal (red 300 ribu bandigin sama xbox 360 yang cuman 30 ribu)

Gambar Rental PS3 dengan stir modif


So, lets calculate:

Skenario 1:

Buka di mal

Keuntungan : rame, nyaman, ekslusif jadi bisa naikin harga

Kelemahan : terbatas jam operasional mal, modal harus gede (mau beli atau sewa kios)

Lets calculate

Misalkan jam operasional mal: 10.00-21.00 = 11 jam operasional (aktifnya si 8 jam aja dipotong makan siang)

Misalnya di mal itu paling aktif anak-anak alay jam 11.00, dan itu ga mungkin penuh semua sampai jam 20.00

jadi paling banter maen maksimal ps3/xbox 360 kita adalah 5/6 jam-an satu konsol

Kalkulasi: condition : PS3 (2 konsol) dan xbox360 (2konsol); Rate 1 jam ps3: 7000/jam, 1 jam xbox 360 : 6000/jam

Ambilah paling maksimal 6 jam mereka maen:

PS3: 2 konsol x 6 jam x 7000 = 84000

Xbox: 2 konsol x 6jam x 6000 = 72000

Total (1 hari/6jam full time) = 156000

Total (1 bulan/30 hari) = 156.000x 30 hari = 4.680.000

BEP = Modal Awal : keuntungan per bulan = 35.000.000/4.680.000 = +/- 8 bulan-an

INGAT DI ATAS PERHITUNGAN DI ATAS KERTAS!!!JANGAN TERPAKU DENGAN PERHITUNGAN DIATAS!!!

Alasan:

1. Tidak setiap hari orang maen game

2. Orang refreshing ke mall paling rame sabtu/minggu hasil diatas mungkin bisa dapet pas weekend

3. Rate 7000/6000 dirasakan masih berat bagi alay untuk maen



Credit: Link

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar