Rabu, 07 April 2010

Usaha Pembuatan Website


Perkembangan jumlah pengguna internet dari tahun ke tahun sangatlah pesat. Hal ini menunjukkan bahwa semakin familiernya dunia internet sebagai sebuah kebutuhan. Dengan semakin familiernya internet maka website atau sejenisnya sangatlah menjadi hal yang penting dan efektif untuk berbagi informasi, berbagi profil, penawaran produk/ jualan online, dan lain sebagainya.

Inilah yang seharusnya menjadi peluang usaha yang sangat bagus bagi para programer website untuk membuat layanan pembuatan website. Kebanyakan konsumen yang membutuhkan layanan pembuatan website ini adalah instansi atau perusahaan yang ingin mengenalkan produk mereka untuk dipasarkan. Walaupun begitu banyak pula perorangan yang menggunakan jasa pembuatan website ini. Selain tersebut diatas, konsumen target Anda adalah organisasi, tokoh masyarakat, artis, lembaga pemerintahan dan non pemerintah, serta lembaga swadaya masyarakat (LPM).

Hal wajib yang Anda atau karyawan Anda harus punya yaitu kemampuan desain yang sangat baik untuk memulai usaha ini. Anda harus memiliki perangkat computer dan notebook dengan spesifikasi tinggi agar kinerja Anda bisa cepat dan efisien. Anda persiapkan dahulu peralatan dan tempat jika sudah tersedia, Anda harus sesegera mungkin menawarkan jasa Anda di iklan dan membagikan proposal ke beberapa instansi, perusahaan, dan organisasi yang ada di sekitar Anda dan kota-kota lainnya. Tentunya Anda harus mempunyai website yang menarik terlebih dahulu sebelum menyuguhkan penawaran. Ini bertujuan agar konsumen yang Anda tawari tertarik untuk menggunakan produk Anda. Hal yang bisa Anda tawarkan diantaranya Adalah system putus (hanya mengerjakan website pelanggan sampai jadi, sedangkan pengelolaan dikerjakan sendiri oleh pelanggan). Selain itu adalah system kontrak (pembuatan, pengelolaan dan keamanan website selama satu tahun menjadi tanggung jawab Anda). Untuk satu proyek dengan sekala kecil yang Anda kerjakan, Anda bisa mematok tariff antara Rp 2,5 juta sampai Rp 10 juta. Sedangkan untuk sekala besar bisa mencapai Rp 20 juta. Tarif ini tentunya dibarengi dengan desain bermutu tinggi, baik desain maupun jumlah data yang mampu disimpan website.

Hmmm ini nih yang perlu Anda waspadai yaitu para hacker yang dapat mengganggu dan bahkan dapat memporak-porandakan situs yang telah Anda buat. Untuk itu Anda harus mencari karyawan yang ahli dalam mengatasi masalah ini. Keberhasilan usaha ini di tentukan oleh mutu website yang Anda buat bagi calon pelanggan. Penyebaran proposal yag semakin gencar Anda layangkan kebeberapa lembaga tersebut di atas juga faktor penentu kesuksesan bisnis ini.


Taksiran Sederhana

Modal Awal

Computer, printer dan scanner Rp 15.000.000,00

Sewa tempat (kecil) Rp 5.000.000,00

Total Rp 20.000.000,00


Biaya Operasional


Internet Rp 350.000,00

Listrik Rp 100.000,00

Transportasi dan telpon Rp 500.000,00

Karyawan ahli 2 orang Rp 2.000.000,00

Total Rp 3.150.000,00


Omzet (2-3 proyek) per bulan Rp 7.500.000,00



Laba per bulan Rp 4.350.000,00


Masa kembali modal Sekitar 4,6 bulan


Credit: BisnisUKM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar