Kamis, 29 April 2010

Usaha Rental Playstation / PS (Bag. 2)



Baca sebelumnya: Usaha Rental Playstation / PS (Bag. 1)


Saat ini usaha rental PS semakin ramai, hampir di setiap sudut wilayah dari tingkat kecamatan hingga kota metropolitan banyak berdiri usaha rental game tersebut. Penggemarnya pun beragam, dari mulai anak-anak, remaja, hingga dewasa banyak yang menggemari permainan-permainan yang ada di PS. Perkembangan kualitas permainan pada game tersebut juga sangat pesat, dari mulai PS1, PS2, hingga PS3 mampu membuat penggemar game semakin betah dan termanjakan menikmati fantasi yang dimunculkan.

Dunia game memang tidak pernah sepi dari peminat. Karena harga dari alat permainan ini relatif mahal, maka banyak dari penggemar PS lebih suka menyewa alat ini ditempat penyewaan. Bagi daerah yang sudah cukup banyak terdapat game center (bermain game secara online di internet) mungkin peluang usaha ini kurang dapat berkembang. Namun di tempat dimana sarana bermain di internet belum begitu dikenal umum maka peluang bisnis ini masih cukup menjanjikan. Dengan fakta tersebut, maka peluang usaha untuk menjadikan bisnis rental PS ini semakin menjanjikan.

Untuk memulai usaha ini, maka penentuan lokasi menjadi faktor yang cukup menentukan. Lingkungan perumahan dengan kelas ekonomi menengah mungkin adalah tempat yang paling pas. Sebab mayoritas kalangan ekonomi menengah atas biasanya sudah memiliki alat permainan ini sehingga tidaklah tepat untuk memulai usaha ini di lingkungan ini. Selain itu Anda juga bisa memilih lokasi yang biasa ramai dengan tempat berkumpulnya anak-anak muda/ remaja, karena seumuran merekalah merupakan konsumen paling tinggi penggemar PS.

Untuk ukuran ruangan, Anda dapat mulai dengan ruangan berukuran 3 x 4 meter. Sebenarnya bentuk ruangan yang memanjang adalah yang paling ideal sehingga alat PS dan televisi dapat diletakkan disebelah kanan dan kiri ruangan. Setting penempatan televisi tersebut juga berpengaruh dalam Anda melakukan kontrol kepada konsumen yang ‘nakal’. Sebisa mungkin tempatkan televisi tersebut di tempat yang mudah dalam pengawasan, sehingga Anda bisa melakukan kontrol setiap saat dan waktu.

Langkah berikutnya Anda harus melakukan survey kecil-kecilan di tempat penyewaan PS yang ada, sehingga Anda dapat mengetahui jenis-jenis permainan apa saja yang paling digemari oleh para konsumen. Bila Anda telah mendapatkan datanya maka jumlah kaset permainan yang paling digemari jumlahnya harus mencukupi bila seandainya cukup banyak pelanggan yang ingin melakukan permainan yang sejenis. Untuk mengurangi jumlah uang yang Anda harus keluarkan terutama untuk pembelian televisi maka ada baiknya bila anda membeli televisi dari merk yang kurang ternama namun dikenal cukup awet. Juga untuk mengantisipasi terjadinya gangguan terhadap peralatan elektronik yang digunakan, maka ada sebaiknya Anda memperkerjakan satu orang yang mengerti akan hal ini sekaligus sebagai pengawas tempat permainan. Kalau memungkinkan, Anda buatkan program dikomputer untuk memantau lama permainan masing-masing pesawat dan juga untuk kontrol masuk keluarnya uang.

Untuk saat ini, hambatan yang paling dirasakan pengusaha rental PS adalah persaingan yang begitu ketat, seiring menjamurnya usaha ini di berbagai tempat. Namun, semua itu bisa Anda siasati dengan memberikan fasilitas dan pelayanan yang memuaskan bagi para pelanggan rental tersebut. Terlebih biasanya para pemain game ini cukup lama dalam melakukan aktifitasnya, maka tempat yang nyaman menjadi salah satu faktor penting dalam usaha ini. Hal ini menyangkut peralatan PS yang bekerja dengan baik, kaset yang cukup lengkap, tempat yang tidak sempit dan kipas angin.

Fasilitas lain yang mungkin bisa Anda kembangkan dalam melengkapi usaha ini adalah tersedianya makanan dan minuman. Selain membuat para pemain semakin lama berada di tempat Anda juga akan memberikan tambahan pemasukan bagi usaha Anda. Untuk lebih menarik bagi pelanggan mungkin Anda dapat membuat sistem paket dan bonus. Misalnya jika mereka bermain selama lima jam maka akan ada bonus selama satu jam.

Untuk menghindari terjadinya masalah maka pengawasan di tempat usaha dan di sekitarnya dirasakan cukup perlu. Misalnya jangan sampai terjadi anak-anak ini berkumpul sambil minum miras atau bahkan narkoba. Karena bila hal ini sampai meresahkan masyarakat disekitar anda tidak menutup kemungkinan Anda akan diminta untuk memindahkan tempat usaha Anda.

Analisa Ekonominya

Modal Awal

Tempat Rp. 10.000.000
Membeli televisi ( asumsi 4 buah) Rp. 4.000.000
Membeli PS (4 buah) Rp. 10.000.000
Stok kaset permainan Rp. 1.000.000
Kipas angin Rp. 200.000
Karpet Rp. 200.000
Total Rp. 25.400.000

Biaya operasional
Stok kaset Rp. 200.000
Gaji pegawai 2 x Rp. 800.000 Rp. 1.600.000
Listrik Rp. 300.000
Total Rp. 2.100.000

Omzet per bulan Rp. 3.500.000
Laba per bulan Rp. 1.400.000
Masa kembali modal (modal awal:Laba per bulan)

Baca selanjutnya: Usaha Rental Playstation / PS (Bag. 3)



Credit: BisnisUKM

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar